Minggu, 02 Juni 2019

Manfaat dan pengertian warming up atau pemanasan

Manfaat tersembunyi Warmming Up/pemanasan bagi tubuh. Warming Up atau pemanasan adalah suatu kegiatan di mana kita mempersiapkan diri sebelum melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Warming up merangsang penambahan oksigen dalam tubuh dan mengaktifkan produksi hormon yang akan membantu dalam proses penyaluran energi ke bagian otot.


Inilah tujuh manfaat tersembunyi warming up/pemanasan

1. Mengurangi tingkat resiko cedera
Peningkatan suhu otot secara tidak langsung  menambah elastisitas otot. Peningkatan kadar oksigen dan hormon di bagian otot membantu melancarkan gerakan dan mengurangi risiko kejang. Sekresi hormon meningkatkan kontrol motor dalam pergerakan otot.

2. Merangsang peningkatan gerakan otot.
Pergerakan otot menjadi lebih efisien dan lebih teratur. Mengurangi risiko kejang otot di mana sistem telah diberikan dengan oksigen dan elektrolit dari penyaluran darah yang efisi Proses perceraian antara hemoglobin (sel yang mengikat oksigen) dengan oksigen terjadi dengan lebih jitu. Proses pengumpulan asam laktat dapat dilengahkan.

3. Merangsang Sistem Saraf Pusat
Merangsang transmisi dan penyaluran neuron (informasi) saraf antara otak dan sel motor otot. Meningkatkan kadar sekresi hormon endorfin, serotonin, dopamin dan adrenalin. (Happy Hormon / hormon baik) Merangsang pemikiran untuk lebih peka terhadap kegiatan, meningkatkan sistem kontrol motor otot dan meningkatkan kontrol koordinasi dalam menjalankan aktivitas fisik.

4. Mekanisme pelepasan panas dalam tubuh diaktifkan.
Liang roma akan terbuka bagi memudahkan proses pendinginan tubuh. Dapat juga meningkatan suhu otot merangsang proses pendinginan otot.

5. Meningkatkan detak jantung atau peningkatan denyut nadi (bpm)
Umumnya penambahan intensitas dalam kegiatan membutuhkan energi, sehubungan itu jantung memainkan peran untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Ukuran pembuluh darah akan mengembang untuk memudahkan proses penyaluran darah yang lebih efisien. Meningkatnya aliran darah ke bagian otot meningkatkan pengiriman pasokan energi ke seluruh tubuh. Dan menyediakan sistem kardiovaskular untuk siap menghadapi aktivitas yang lebih berat yang akan berpengaruh pada jantung.

6. Peningkatan produksi hormon
Peningkatan kadar sekresi hormon endorfin, serotonin, dopamin dan hormon-hormon lain yang membantu meningkatkan tingkat kepekaan serta mengurangi stres dan meningkatkan metabolisme.
Meningkatnya kadar cairan Synovial di bagian sendi dapat memberikan pelumasan sendi untuk mengurangi gesekan serta meluncurkan gerakan.
Proses pengumpulan asam laktat dapat dilengahkan.

7. Meningkatkan kinerja selama latihan.
Otot yang diregang dan dipanaskan sebelum berolahraga membuatnya lebih mudah bergerak. Sendi juga dapat berfungsi dengan lebih baik.
Aktivitas ini akan membuat latihan kita lebih efisien.

Itu dia Manfaat tersembunyi Warmming Up/pemanasan bagi tubuh. Sekian terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar